Skip to main content

JARINGAN KOMPUTER : resume

RESUME PERTEMUAN 1 : PENGENALAN JARINGAN KOMPUTER

JARINGAN KOMPUTER  adalah hubungan dua buah device ataupun lebih yang digunakan untuk berkomunikasi diantara device tersebut. Untuk membangun  jaringan komputer, diperlukan sebuah media Transmisi baik menggunakan Kabel maupun menggunakan Wireless.
Komponen Pembentuk Jaringan
1.       End Device
Perangkat paling ujung pada Jaringan Komputer, untuk mengirim pesan ke perangkat lain dan menerima pesan yang di kirim oleh perangkat lain.
2.       Perantara Perangkat Jaringan
Perangkat yang berfungsi menghubungkan antar komputer agar membentuk sebuah jaringan internetwork, perangkat jenis ini juga menyediakan koneksi dan mengalirkan arus komunikasi pada tujuannya.
3.       Media Transmisi
Media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data.
•Jenis kabel jaringan
 –Unshielded Twisted-Pair Cable
–Shielded Twisted-Pair Cable
–Coaxial Cable
–Copper Media Safety
•Karakteristik Kabel Tembaga 
–Murah, mudah untuk menginstal, resistansi rendah untuk arus listrik
–Jarak dan interferensi sinyal
Umumnya jaringan komputer menggunakan media transmisi berupa kabel UTP.  Terdapat 2 jenis dalam pemasangannya:
A.      Type Straight
Memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu dengan ujung yang lainnya. Digunakan untuk menghubungkan 2 device yang berbeda. 
Contoh Penggunaan:
- Menghubungkan antara computer dengan switch
- Menghubungkan computer dengan LAN pada modem cable/DSL
- Menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL
- Menghubungkan switch ke router
- Menghubungkan hub ke router

B.      Type Cross
Merupakan kabel yang memiliki susunan berbeda antara ujung satu dengan ujung dua. Digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama.
Contoh Penggunaan:
- Menghubungkan 2 buah komputer secara langsung
- Menghubungkan 2 buah switch
- Menghubungkan 2 buah hub
- Menghubungkan switch dengan hub
- Menghubungkan komputer dengan router
Media jaringan
•Standar Kabel UTP
•Konektor UTP
•Jenis kabel UTP : a. Rollover b. Crossover c. Straight-through
•Pengujian Kabel UTP
A.      Unsheilded Twisted-Pair (UTP)
B.      Shielded Twisted-Pair (STP)
C.      Kabel Rollover
D.      Kabel Fiber-Optic
Jenis Jenis Jaringan Komputer
1.       PAN (Personal Area Network)
Jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer perangkat (termasuk telepon dan asisten pribadi digital) dekat dari satu orang. Jangkauan biasanya beberapa meter.
2.       LAN (Local Area Network)
Jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.
3.       MAN (Metropolitan Area Network)
Jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN.
4.       WAN (Wide Area Network)
Jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. WAN menggunakan sarana fasilitas transmisi seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit.
Keamanan Jaringan
Ancaman keamanan • Virus, worm, dan trojan horse  • Spyware dan adware • serangan zero-day, juga disebut serangan zero-jam • serangan hacker  • intersepsi data dan pencurian • Pencurian identitas
Solusi keamanan • Antivirus dan antispyware  • Filtering firewall • Sistem firewall khusus • Access control list (ACL)  • Intrusion prevention systems (IPS)  • Virtual Private Networks (VPN)


RESUME PERTEMUAN 2 : IP ADDRESS DAN SUBNETTING

Ip address adalah indetitas dari host pada jaringan komputer. IP address yang digunakan untuk keperluan LAN/intranet disebut sebagai IP address local. Sedangkan IP address yang digunakan untuk keperluan internet disebut IP address public.
Fungsi:
1.    Sebagai alat identifikasi host atau antarmuka pada jaringan.
2.    Sebagai alamat lokasi jaringan.
Subnetting adalah teknik memecah suatu jaringan besar menjadi jaringan yang lebih kecil dengan cara mengorbankan bit Host ID pada subnet mask untuk dijadikan Network ID baru. Subnetting  merupakan teknik memecah network menjadi beberapa subnetwork yang lebih kecil. Subnetting hanya dapat dilakukan pada IP addres kelas A, IP Address kelas B dan IP Address kelas C.
Fungsi subnetting antara lain:
·                     Mengurangi lalu-lintas jaringan, sehingga data yang lewat di perusahaan tidak akan bertabrakan (collision) atau macet.
·                     Teroptimasinya unjuk kerja jaringan.
·                     Pengelolaan yang disederhanakan.
·                     Membantu pengembangan jaringan ke arah jarak geografis yang menjauh,

RESUME PERTEMUAN 3 : PERANGKAT JARINGAN

REPEATER
Pengertian repeater adalah alat yang berguna untuk menguatkan signal, signal yang lemah dapat ditingkatkan daya jangkaunya sehingga dapat digunakan untuk cakupan wilayah yang lebih luas.

Fungsi :
  1. Memperluas daya jangkau signal server
Jika signal lemah, maka daya jangkaunya akan lebih sempit, sedangkan ketika signal kuat maka daya jangkaunya akan lebih luas.
  1. Mengcover berbagai wilayah minim signal dari server
Dengan menggunakan repeater, daerah yang minim signal dapat  lebih mudah untuk mendapatkan signal. Hal ini dikarenakan, signal yang lemah dibuat menjadi lebih kuat oleh alat ini.
  1. Memudahkan akses signal WiFi
Dengan signal yang lebih kuat tentunya para pengguna perangkat yang membutuhkan signal dapat lebih mudah mengakses signal tersebut. Salah satu penerapan dari alat ini adalah pada signal WiFi.
  1. Meneruskan dan memaksimalkan signal
Repeater bekerja dengan cara menangkap, mengelola, memperbesar, dan meneruskan signal ke berbagai perangkat jaringan yang ada di sekitar alat ini.
  1. Memudahkan proses pengiriman dan penerimaan data
Dengan signal yang lebih kuat proses pengiriman dan penerimaan data antar sesama pengguna perangkat jaringan ataupun yang melalui jaringan dapat dilakukan dengan lebih cepat.
  1. Meminimalisir penggunaan kabel jaringan
Sistem kerja dari repeater adalah melalui signal wireless. Dengan menggunakan alat ini, maka penggunaan kabel yang ribet dan semrawut dapat dihindari.
Jenis - Jenis :
1.     Repeater – GSM (Global System for Mobile Communicaion)
2.     Repeater CDMA (Code Division Multiple Access)
3.     Repeater 3G (Third – Generation Teachnology)


Comments

Popular posts from this blog

ETIKA PROFESI TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI 3

TUGAS 3 .       1. Jelaskan bagaimana bentuk profesionalisme dalam profesi seperti: polisi, hakim, dokter, programmer, data entri operator, database administrator dan sebagiannya. Pilihlah satu profesi bidang TI dan satu profesi bidang non-TI  Bentuk profesionalisme menjadi dokter: 1. Dokter memberikan pelayanan medis sesuai standar profesi dan standar prosedur kepada pasien 2. Merahasiakan segala sesuatu yang diketahui tentang pasiennya. 3. Menambah ilmu pengetahuan dan mengikuti perkembangan ilmu kedokteran. Bentuk profesionalisme menjadi programmer:  1. Memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tinggi di bidang IT 2. Tanggap terhadap masalah client, paham terhadap isu-isu etis serta tata nilai kliennya. 3. Mampu berkerja sama (Team Work)

ETIKA PROFESI TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI 5

TUGAS 5 1.       Sebutkan contoh-contoh kasus kejahatan komputer berdasarkan pasal-pasal UUITE 2.       Masing-masing pasal 1 contoh Ø   Pasal 27 :  Kasus : penghinaan yang di lakuka benny handoko terhadap misbakhun yang mana benny handoko membuat twitan yang menghina misbakun, yang mana misbakun di tuduh sebagai perampok bank century. Misbakun melaporkan kasus ini ke polda metro jaya. Unsur perbuatan : Masuk pada pasa 27 ayat 3 , tetang penghinaan atau pencemaran nama baik. http://nasional.kompas.com/read/2014/02/05/1311269/Benhan.Divonis.Bersalah.Cemarkan.Nama.Baik.Misbakhun Ø   Pasal 28: Kasus : Nando Irwansyah Ma’ali Hujat perayaan Nyepi di bali yang mana pemuta asalah NTB ini menghujat perayaan nyepi, dikarena saat hari itu ada pertandingan bola, karena hari nyepi tidak di perbolehkan nonton, olehh seba itu pemuda tersebut menghujat di akun sosial media milinya. Unsur perbuatan : Masuk pada pasal 28 ayat2, menyebarkan informasi untuk menimbulkan rasa keben